PUBLIKASI
KARYA TULIS ILMIAH
Pemasaran merupakan sebuah system
kegiatan-kegiatan bisnis yang di desain guna merencanakan,
menetapkan harga dan mendistribusi barang-barang dan jasa-jasa yang
memenuhi kebutuhan kepada para pelanggan ini dan para pelanggan ini dan para pelanggan potensial.
(Stanton: 1984; 7)
1. Cara
memasarkan naskah karya tulis ilmiah
1) Mengerti dan memahami
3 unsur pemasaran, yaitu: promosi, distribusi, dan penjualan.
2) Penulis perlu mengetahui pola pemasaran,
dilihat dari unsur utama, kita dapat menggolongkan pada pemasaran penerbit ke dalam tiga golongan besar,
yaitu:
a. Golongan pertama adalah penerbit
yang mempercayakan pendistribusian dan penjualannya kepada distributor tunggal.
b. Golongan kedua adalah penerbit
yang mendistribusikan naskah karya tulis ilmiahnya kebeberapa distributor/grosir,
toko buku, dan penjual ritel lainnya.
c. Golongan ketiga adalah penerbit
yang sama sekali tidak mengendalikan toko buku.
3) Mencari informasi
a. Mencari informasi mengenai pola pemasaran dan tempat pemasarannya.
b. Mengetahui situasi dan kondisi pada lingkungan sekitar dalam pendistribusian karyanya.
c. Mengetahui seluk-beluk pemasaran naskah dapat menghindari dari kemungkinan konflik antara penulis dengan penerbit,
terutama dalam hal perhitungan royalti dan cetak ulang.
2. Teknik menembus publikasi ilmiah
1) Tulisan
yang dibuat sesuai dengan bidang penulis
2) Bahasa
yang digunakan adalah bahasa ilmiah popular (mudah dipahami) dan tidak berbelit-belit
3) Tulisan harus sistematis
4) Mencantumkan semua persyaratan dengan baik dan benar
5) Mencari informasi
agar mengetahui/mengenal siapa dan bagaimana karakter sebuah media
3. Contoh surat pengantar
Surat pengantar merupakan sebuah surat
yang dikirim bersama dengan naskah yang akan diajukan kepada penerbit yang
berisi identitas penulis dan disertai dengan tujuan penulis.
Jangan sampai lupa,
dalam surat pengantar kepada redaksi lampirankan riwayat hidup singkat (curriculum
vitae) kita.
4. Harga maha lkarya tulis ilmiah
Karya tulis memiliki peran yang
penting dalam menaikkan angka kredit dalam pengembangan profesi jabatan
guru. Angka kredit adalah suatu angka yang
diberikan berdasarkan penilaian atas prestasi kerja yang telah dicapai oleh seorang
guru dan merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat atau jabatan guru
(Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Guru, Jakarta: 2005)
Karya tulis ilmiah dapat mendapatkan pengakuan dalam bentuk angka kredit terdiri atas beberapa jenis diantaranya:
a. Karya tulis hasil penelitian,
survei, dan evaluasi. Jika dipublikasikan secara nasional kreditnya sebesar 12,5,
sedangkan diterbitkan dalam majalah ilmiah yang diakui oleh Depdikbud kreditnya sebesar
6,0
b. Karya tulis berupa tinjauan dalam bidang pendidikan,
penilaian, dan bidang lainnya. Jika dipublikasikan bentuk buku dan diedarkan secara nasional dihargai
8,0, dan jika dimuat dalam majalah imiah dihargai 4,0
c. Makalah berupa tinjauan atau tulisan ilmiah,
tulisan sendiri dalam bidang pendidikan, pengajaran, bimbingan, penilaian,
dan sejenisnya. Jika di publikasikan dihargai 3,5
d. Tulisan ilmiah
popular dalam media masa seperti surat kabar, majalah dan yang sejenisnya,
setiap sekali terbit dihargai 2,5
e. Penyampaian makalah dalam bentuk prasaran pada pertemuan ilmiah seperti
seminar, lokakarya, diskusi panel, dan yang sejenisnya dihargai 2,5
f. Buku pelajaran atau modul,
setiap buku yang bertaraf nasional dihargai 5,0 dan yang bertaraf provinsi 3,0
ada juknis ttg publikasi ilmiah
BalasHapus