Kamis, 10 Mei 2012

ARTIKEL LINGKUNGAN HIDUP

LINGKUNGAN HIDUP
    Tentunya kita semua tidak asing lagi dengan istilah global warming alias pemanasan global, ini merupakan permasalahan yang sedang kita alami di bumi ini. Pemanasan global diakibatkan karena lapisan atmosfer yang berfungsi untuk menyaring dan menyerap panas dari radiasi panas matahari sudah menipis akhirnya atmosfer sudah tidak dapat bekerja secara maksimal dan mengakibatkan bumi ini menjjadi terasa semakin panas suhu bumi semakin meningkat.
    Dalam keadaan normal atmosfer akan memberikan radiasi terhadap bumi dengan batas yang wajar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bumi ini. Radiasi ada yang di pantulkan kembali da nada juga yang meresap ke dalam bumi, panas ini lah yang digunakan untuk membuat hangat suhu bumi agar tidak dingin, akan tetapi sekarang kita meerasakan panasnya suhu bumi yang sangat luar biasa ini, apa penyebab kenaikan suhu di bumi? Jawabannya yaitu tenttu saja karena kerja atmosfer yang tidak bisa maksimal dikarenakan kerusakan system pada atmosfer atau sering orang menyebutnya dengan “kebocoran atmosfer” yang menyebabkan radiasi dari panas matahari yang seharusnya dimengatur radiasi yang akan diterima oleh bumi menjadi tidak terkontrol dan terkendali sesuai dengan kebutuhan.
    Penyebab menipisnya atmosfer dikarenakan ulah manusia yang bertidak tidak peduli terhadap lingkungan, diantara yaitu: limbah pabrik, limbah rumah tangga, penebangan hutan besar-besaran, minyak wangi dan lain-lain. Masih banyak lagi penyebab penyebab yang lainnya. Perlu kita ketahui bahwa sattu liter bensin yang biasa kita gunakan untuk kebutuhan kita berkendara juga termasuk sikap yang dapat membuat menipisnya atmosfer bbumi kita tercinta ini, bagaimana cara kita agar dapat mengembalikan seperti semula? Jaawabannya kita tidak akan dapat mengembalikan seperti semula karena sudah terlanjur menipis, yang dapat kita lakukan hanyalah kiat-kiat untuk meminimalisir aktifitas-aktifitas yang merugikan lingkungan.
    Misalnya saja kita budayakan jalan kaki ketika memang jarak yang akan kita tempuh dapat di jangkau dengan jalan kaki, menanam pohon disekitar lingkkungan kita jangan malah menebang pohon yang ada karena dengan banyaknya pohon akan dapat memperbanyak produksi oksigen yang sangat bagus untuk kita semua sebagai makhluk hidup yang sangat membutuhkan akan oksigen dan dapat memperlambat penipisan oksigen.
    Melihat fenomena alam dalam lingkungan hidup kita yang sangat memprihatinkan, marilah kita sayangi lingkungan kita, menjaga amanah dari yang maha kuasa dengan baik tidak merusak yang sudah di amanahkan kepada kita sebagai hambaNya. Sadarkan diri dan lingkungan agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua dzat yang telah di ciptakan yang maha segalanya.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar